zoofirma.ru
  • Register
Home  //  About Us School Profile

Sejarah Al-Irsyad Satya

      Yayasan Parahyangan Satya adalah yayasan non-profit yang mengelola beberapa unit pendidikan di Kota Baru Parahyangan. Saat ini Yayasan Parahyangan Satya mengelola Puspa Iptek Sundial, Bale Seni Barli, Al-Irsyad Satya Islamic School dan Masjid Al-Irsyad Satya. Pada Tahun 2007, Yayasan Parahyangan Satya bekerja sama dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah Singapore untuk mendirikan Al-Irsyad Satya Islamic School. Kerja sama terjalin dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding pada tanggal 16 Januari 2007 di Jakarta yang disaksikan Menteri Pengairan Singapura, Dr. Yacoob Ibrahim dan Menteri Pertahanan Indonesia saat itu, Bapak Yuwono Sudharsono. Kerja sama ini dijalin untuk membangun sekolah nasional yang memiliki muatan plus keagamaan yang mengacu pada kurikulum yang telah digunakan di Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah Singapore yang dikelola oleh MUIS (Majlis Ugama Islam Singapore). Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah Singapore sendiri dikenal sebagai madrasah terbaik yang mampu memadukan kurikulum duniawi dengan ukhrawi (keagamaan) sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Kurikulum yang diadopsi dari MAIS adalah untuk mata pelajaran :

  1. Science
  2. Matematika
  3. Islamic Studies
  4. Bahasa Arab
  5. Qur’anic Studies
  6. Bahasa Inggris
 

  

    Diharapkan melalui kerja sama ini Al-Irsyad Satya Islamic School akan menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur serta memiliki pengetahuan akademis yang unggul untuk menjadi khalifah fil Ard di Indonesia. Dengan diterapkannya kurikulum tambahan keagamaan, Al-Irsyad Satya Islamic School memiliki fasilitas untuk pelaksanaan program keagamaan harian di Masjid Al-Irsyad Satya. Sesuai dengan undang-undang kependidikan yang telah ditetapkan Pemerintah, Al-Irsyad Satya Islamic School menerapkan kurikulum nasional dan mewajibkan siswa mengikuti Ujian Nasional untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Sekolah berupaya maksimal agar siswa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dengan memperingati hari-hari besar Nasional seperti Peringatan HUT RI, Hari Pahlawan, Hari Pendidikan, Hari Guru, Hari Kartini dan lain sebagainya. Penguatan jiwa nasionalisme juga dilakukan setiap hari dengan melakukan upacara pagi hari di mana siswa membaca Pancasila bersama-sama serta melakukan upacara bendera di setiap Senin pagi. Melalu pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pendidikan Sosial serta Bahasa Sunda, sekolah senantiasa menanamkan nilai-nilai patriotisme serta cinta budaya lokal.

 

      Pembentukan karakter siswa melalui program cinta tanah air dan penambahan kurikulum materi keagamaan dilakukan sebagai upaya mewujudkan misi untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya memiliki intelektual yang tinggi tetapi juga memiliki karakter mulia dan budi pekerti luhur. Selain dari Ujian Nasional, sekolah menyediakan program ujian IGCSE (International General Certificate for Secondary Education) bagi siswa SMA.

 

   Pelaksanaan program ini dilakukan dengan sepersetujuan pengawas sekolah maupun Dinas Pendidikan setempat. Pengawas sekolah melakukan supervisi setiap bulan dan melakukan workshop regular agar guru-guru mampu mengampu kurikulum nasional sesuai dengan petunjuk tenis yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional.

Hasil akreditasi yang telah diperoleh sekolah adalah

» TK Akreditasi A (Sangat Baik)

» SD Akreditasi A (Sangat Baik)

» SMP Akreditasi A (Sangat Baik)

»SMA Akreditasi A (sangat Baik)

     Hasil ini didapat melalui kerja sama yang intens antara pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan di sekolah.